Tidak Perlu Ragu Memesan Tiket Online, Yang Penting Teliti

Semakin maju teknologi, semakin memudahkan hidup. Contohnya dalam urusan memesan tiket pesawat dan reservasi hotel. Dulu kita harus datang ke agen travel atau maskapai penerbangan. Kalau tidak datang, minimal memesan via telepon.
Tapi sekarang semenjak ada internet, segalanya jadi mudah. Mau kemanapun tinggal cari di internet, kemudian tampillah maskapai dan penginapan apa saja yang keluar sesuai kebutuhan, dari kelas bisnis sampai ekonomi, begitu juga dengan hotel, bintang 5 atau sekadar guest house. Ada begitu banyak pilihan memudahkan manusia sekarang untuk berwisata ke seluruh dunia. Kita masih bisa lagi mencari transportasi di negara tujuan. Apakah mau naik taksi atau bus umum dan kereta api. Demikian juga fasilitas, mau dijemput dari bandara, atau ikut paket keliling kota mengunjungi obyek wisata favorit.

Akan tetapi dalam segala hal kita harus hati-hati dan teliti. Kemajuan teknologi informasi saat ini juga tidak jauh dari kejahatan dunia maya yang disebut cyber crime. Salah klik, uang kita `lewat`. Kejahatan dunia maya ini bisa dimulai dari warnet. Jika warnet nakal, mereka diam-diam memasang perangkat tambahan untuk mengintip nomor dan transaksi kartu kredit ataupun debit via online kita. Setelah tahu, uang kita di kartu akan digesek habis. Jadi sebaiknya jangan pernah bertransaksi di internet umum.

Lalu, apakah kita tidak usah memesan via online? Oh, tetap boleh dong. Asalkan kita teliti, mana saja situs resmi maskapai penerbangan atau situs travel-agent. Tentu semua itu butuh kecerdasan kita sebagai calon pembeli.

Sebenarnya untuk memesan tiket pesawat secara online itu mudah dan gampang banget prosedurnya. Nggak perlu pakai jasa pihak ke-3 segala. Dan malah tiket eleltronik itu jauh lebih menguntungkan ketimbang tiket cetak, beberapa keuntungannya antara lain ;
Nggak perlu kuatir kehilangan tiket. Tiket elektronik yang sudah dicetak ternyata lupa dibawa pas mau check-in ? dont worry, tunjukin aja e-ticket melalui gadget yang tersimpan di email ke petugas check-in.
Atau jika tiket elektronik yang sudah dicetak lalu hilang, ya gampang aja tinggal cetak lagi sesukanya. mau cetak 100x juga ga masalah
Nggak ada printer untuk cetak tiket ? catet aja kode booking di selembar kertas. Itung-itung untuk berjaga siapa tau pas di bandara gadget ngedrop kehabisan batre.

Trus bagaimana cara membeli tiket online? sebagai contoh saya akan memposting tentang tata cara pemesanan tiket online via Sriwijaya Air. Pertama masuklah ke situs Sriwijaya Air yang saya sebut diatas.

Pertama kita pilih Jenis penerbangan, mau sekali jalan atau sekalian tiket PP bebas saja. Jika perjalanan kita sudah terjadwal jauh lebih baik langsung membeli PP. Pilih kota asal dan kota tujuan, masukkan tanggal pergi, dan juga tanggal pulang untuk perjalanan Pulang Pergi. Kemudian masukkan jumlah penumpang lalu klik cari. (secara default, jumlah penumpang 1 orang untuk dewasa). Klik tombol Cari.

Akan muncul halaman untuk pilihan penerbangan. Di halaman ini kita bisa memilih penerbangan yang dikehendaki (biasanya tersedia beberapa flight dengan jam berbeda) dan juga memilih metode pembayaran. Jangan lupa di bagian asuransi perlindungan silahkan di kosongkan jika tidak menghendaki tambahan asuransi. (pada contoh diatas saya setuju dengan asuransi tambahan)

Selanjutnya scroll ke bawah untuk memilih metode pembayaran. Ada beberapa pilihan cara, bisa melalui internet banking, via atm, atau menggunakan kartu kredit. di pemesanan online sriwijaya air, jika menggunakan internet banking hanya tersedia KlikBCA. Jika kita memilih menggunakan klikbca, nantinya akan diminta userID Klikbca kita. Untuk penggunaan kartu kredit, agak ribet prosedurnya jika nama penumpang berbeda dengan nama pemilik kartu kredit. Pilihan yang paling mudah adalah pembayaran menggunakan ATM. Setelah selesai klik Lanjutkan.

Nah setelah memastikan penerbangan, sekarang saatnya memasukkan nama penumpang dan data diri pemesan. Nama penumpang boleh berbeda dengan nama pemesan. untuk contoh ini, nama penumpang dan nama pemesan saya sendiri. Untuk data pemesan, kita harus mengisi lengkap detail nama, nomer telepon, email dan alamat. Pastikan bahwa email sudah benar karena data pesanan akan dikirim via email. Begitu juga tiket pesawat akan dikirim via email setelah melakukan pemayaran. Di bagian detil pembayaran, centang kolom persetujuan aturan dan ketentuan. Masukkan kode verifikasi lalu klik tombol lanjutkan.

Oke. Pemesanan selesai. Kode Booking dan Kode Pembayaran sudah didapat. Kita akan menerima email konfirmasi. Inget ya, ditahap ini kita baru selesai booking tiket. Belum membeli tiket. Kita masih harus melakukan pembayaran terlebih dahulu, kemudian menerima tiket elektronik melalui email.

Selain bisa memesan tiket via online, kita juga bisa booking melalui travel agent yang tentunya memiliki referensi lebih lengkap. Untuk travel agent, sebaiknya bukalah situs resmi Citos.id yang merupakan salah satu agen tour & travel yang menjadi anggota DPD Asita DIY yang siap membantu mempermudah perjalanan anda dengan pelayanan terbaik yang berbeda. Klik www.citos.id untuk info selengkapnya.

Jadi mulai sekarang, tidak usah ragu lagi memesan tiket secara online, yang penting harus teliti.
Enjoy Your Day!